Saturday, August 14, 2010

“GAME, PERLUKAH UNTUK OTAK KITA DAN APA HUBUNGANNYA DENGAN POLA PIKIR”



Main game atau permainan elektronik di komputer atau di konsol video game seperti playstation, ps2, nintendo, sega, xbox, dsb bagi sebagian orang adalah kegiatan yang menyenagkan dan mengasikkan. Selain mengasyikkan ternyata ada manfaat lain lho dari beberapa game yang telah kita mainkan. Diantaranya:
1.    petualangan (adventure)
Dalam game petualangan, kita dutuntut untuk menyelesaikan beberapa misi yang telah tersedia. Dalam menyelesaikan misi tersebut tentunya kita butuh strategi untuk memecahkan setiap misi. Nah dengan memikirkan strategi jalan tentunya secara tidak langsung otak kita diperas agar dapat berhasil menjalankan misi. Tentunya kita akan berfikir dua kali yang secara tidak langsung akan membuat pola piker kita berubah yakni harus berpikir dua kali sebelum melakuka sesuatu.


2.    sepak bola
Dalam game sepak bola kita mengenal tentang formasi tim yang kita atur sebelum permainan dimulai. Nah dengan kita mengatur tim kita secara tidak langsung memiliki criteria orang-orang yang harus ditempatkan dimana. Dengan kata lain jika permainan kita berhasil maka kita menjadi seorang pemimpin ynag baik. Selain itu jika kita menghayati bermain game sepak bola, maka kemampuan bola kita akan semakin meningkat.
3.    balapan
Tentunya tak asing lagi bagi seorang gamers tentang game ini. Mulai dari yang animasi seperti CTR sampai tngkat tinggi seperti NFS underground. Nah dalam game ini ada beberapa cheat dan upgrade mobil kita agar lebih bgus. Nah untk mengingat cheat otomatis kita melatih otak kita untuk menghafal dan dalam masalah mengupgrade mobil kita harus berpikir mana yang harus didahulukan agar dapat menang. Dengan kata lain berpikir 2 kali untuk melakukan sesuatu.
4.    action
Dalam permainan action kita mengenal istilah “complete the adventure mode to unlock new character.” Dan character awal yang kita gunakan harus benar-benar karakter yang cocok dengan apa yang kita inginkan. Otomatis otak kita akan berpikir tentang apa yang kita butuhkan bukan apa yang kiat inginkan.

Setelah kita tahu betapa banyak manfaat game yang selama ini dianggap mengganggu oleh orang tua kita bagi otak kita. Namun jika kita bermain game berlebih-lebihan tentunya akan membawaa keburukan bagi diri kita, diantaranya:
•    menghabiskan uang
•    lupa waktu
•    badan terasa pegal-pegal karena terlalu lama duduk
•    sebagai sarana judi

BY: MUHAMMAD MUKDOR AL FARUQ
PMR WIRA MANSDA

No comments:

Post a Comment